Wednesday, January 6, 2016

Tips Mengatasi Susah Tidur Ala Mas Sendal

Halo bro n sist,

Akhir-akhir ini ada beberapa sahabat Mas Sendal yang minta tips mengatasi susah tidur...
Kebetulan ane juga mengalaminya walaupun tidak sampai terkena insomnia,..

Beberapa faktor yang membuat kita susah tidur adalah sebagai berikut :

- TIDAK MENGANTUK

- habis minum kopi/minuman berenergi,kalo rasa mengantuk n lelah datang menyerang emang cocok kalau dilawan dengan segelas minuman ini,efeknya jelas rasa ngantuk mendadak hilang,mata jadi susah terpejam n susah tidur...

- suasana yang kurang nyaman misalnya ada kerusuhan/perang,bencana alam,di putusin pacar,rindu pada kekasih eeaaa,banyak pikiran,n masih banyak lagi tentu saja bikin tidak bisa tidur memikirkannya

- listrik padam,kipas angin/ac gak berfungsi bikin gerah bin keringatan,akhirnya tidak bisa tidur...huftttt (ini buat yang biasa tidur pada suhu ruangan yang dingin)

- "brrrr,dingin banget udaranya...hatsiiiiin" jadi susah tidur (buat yang tidak terbiasa tidur di ruangan yang dingin)

- sakit (sakit kepala,sakit gigi,dll) juga bisa bikin kita susah tidur

- kebiasaan tidur larut malam/ begadang (karena sudah jadi kebiasaan,pola tidur pun berubah...kalo malam tidak bisa tidur,pagi hari baru tidur)

- dan masih banyak faktor lain yang menyebabkan kita susah tidur

Langsung aja,ane akan berbagi tips yang biasa ane lakukan kalau susah tidur,cekibrottt...

-berdo'a dulu sebelum tidur

- bikin susu coklat sebelum tidur,habis minum minuman ini dijamin langsung kenyang bikin tidur jadi nyenyak

- "katanya" makan sayur kangkung,..zat-zat yang terkandung didalamnya bisa bikin ngantuk,wah ane gak yakin kalo soal yang ini...masih simpang siur,..referensinya bisa cari di mbah google atau klik disini

- cuci kaki,muka,tangan sekalian sikat gigi,..ini yang biasa ane lakuin kalau lagi kepanasan

- lemaskan tubuh,lalu tarik napas dari hidung lalu keluarkan perlahaan-lahan dari mulut beberapa kali,ini berfungsi untuk merilekskan tubuh kita...ane beberapa kali memakai cara ini lalu berhasil

- nungguin hujan,..loh kok hujan??apa hubungannya dengan tidur...?? Menurut sebagian orang saat hujan adalah saat yang paling enak buat tidur,suhu udaranya yang dingin membuat rasa kantuk menyerang...berasa menguap mulu,kalo sudah begini obatnya cuma tidur di kasur yang empuk temani selimut,bantal n guling,juosss!!!

- banyak pikiran,ya salah satu penyebab susah tidur...ini yang agak susah ane juga sering mengalaminya,saran ane sebaiknya kita lupakan sejenak beban keseharian kita,kosongkan pikiran n lalu tertidur...

- buat suasana kamar/tempat tidurmu senyaman mungkin...
Misalnya yang suka tidur dalam kondisi gelap silahkan padamkan lampunya,..

- mendengarkan lagu...salah satu cara yang manjur,apalagi di temani lagu-lagu slow/ instrumental/lagu kesukaan masing-masing,..behhh,sirbeh
Kalo ane sih langsung tidur kalo dengerin lagu-lagu Dream Theater,hihihi

- minum obat tidur (ini jangan terlalu sering di gunakan,selain efek samping bahan kimianya bi bahaya bisa menimbulkan ketergantungan) saran ane jangan terlalu sering minum obat tidur, mending pakai ramuan/jamu tradisional dari bahan-bahan alami...silahkan cari resepnya di mbah google

- terakhir n jangan di coba,ane kalo susah tidur gara-gara pilek,hidung mampet,sakit kepala langsung minum obat flu proc***d,beberapa saat langsung ngantuk,..(jangan di minum apabila berkendara yah)

Nah,itu tips yang biasa ane Mas Sendallakuin kalau lagi susah tidur...
Intinya beristirahatlah kalau kecapean n jangan terlalu paksakan diri,..
Ingat tubuh kita ini bukan mesin yang di gunakan nonstop...
Berhubung ini udah tengah malam,ane pamit tidur dulu yah,hoaaaaammm
Semoga berguna...
(sjp)

1 comment: