Saturday, November 28, 2015

Yuk Bikin Senter LED Dari Barang Bekas

halo bro n sist...

Akhir-akhir ini pemadaman listrik di tempat ane terjadi hampir setiap hari,rasanya bikin jengkel juga ya,..
Apalagi jika terjadi pada malam hari,tentunya akan sangat merepotkan ditambah penahayaan yang sangat minim bahkan tidak ada sama sekali...

Senter...ya,benda yang satu ini sangat membantu kita saat gelap...di pasaran pun banyak model dan harganya,mulai dari ribuan rupiah sampai yang ratusan ribu bahkan jutaan rupiah juga ada,..mulai yg menggunakan bohlam sampai yg terbaru menggunakan LED bahasa kerennya light emitting diode

Kali ini ane ingin share pembuatan senter LED dari barang-barang bekas yang tentunya mudah didapatkan...
Siapin dulu peralatan n bahannya :

1. Sebuah (1) Lampu LED (ane pake bekas korek api yang ada senternya/bekas lampu emergency/lampu LED bekas sein sepeda motor)
2. Kotak bekas isi pisau Cutter(besar)
3. Cutter
4. Baterai HP 3,7 V (model bebas,kalo ane pakai bekas hp noki* BL-5CB)
5. Saklar kecil (pakai aja punya mainan bekas)
6. Solder
7. Timah
8. Multitester (ini cuma untuk mengetahui lampu LEDnya masih bagus atau tidak,kalo tidak punya alat ini bisa langsung hubungkan lampu LED ke baterai)
9. Karet atau kabel ties (pilih salah satu)
10. Kabel secukupnya
11. Cemilan,kopi,teh,susu n rokok bagi yang ngerokok (hehehe)
12. Spidol

Cara pembuatan :

- siapkan kotak isi cutter (ukuran besar) lalu gambar/tandai pola sesuai ukuran baterai n saklar menggunakan spidol
- setelah pola jadi lalu potong menggunakan cutter/gergaji (hati-hati benda tajam!) lalu rapikan
- ambil lampu LED lalu sambungkan kaki-kakinya dengan kabel menggunakan timah n solder (ane pake lampu LED bekas lampu sein jadi udah dilengkapi dengan Papan PCB)
- setelah jadi,lubangi kotak isi cutter untuk memasukan kabel
- masukan kabel ke kotak isi cutter tadi melalui lubang yang sudah kita buat tadi,dari salah satu kaki lampu LED hubungkan ke kutub baterai (+ ke +,- ke - kalau lampu LED menyala berarti sambungan sudah benar) lalu di solder
- sambungkan kabel dari kaki lampu LED yg belum terhubung ke kaki saklar lalu di solder
- potong kabel lalu hubungkan ke kaki saklar menggunakan timah n solder,nah kabel ini akan di sambungkan ke salah satu kutub baterai
- tes saklarnya,apabila sambungan kabel sudah benar maka lampu pasti bisa dinyalakan atau dimatikan kalau belum ulangi langkah sebelumnya
- masukan saklar ke pola yg sudah dibuat tadi n baterai ke kotak isi cutter lalu ikat menggunakan kabel ties/karet
- senter siap di uji coba

Hasil pengujian :

- ane menggunakan Lampu LED bekas sein motor hasilnya redup tepok jidat (kayaknya voltasenya kegedean nih)
- ane ganti pake lampu LED bekas korek gas yang ada senternya,n hasilnya? Juosss terang benderang lumayan lah kalo pas pemadaman lampu
- kedepannya mungkin ane akan pasang resistor biar lampu LED awet n gak gampang putus
- berhubung ini batere cas sementara ane cas menggunakan cas "kodok" (nanti ane bikin sistem charger/pengecasannya

Demikianlah proses pembuatan Lampu LED dari barang-barang bekas ala Sendal Jepitku Putus,semoga berguna hehehehe
(sjp)

No comments:

Post a Comment